Cara Mempromosikan Produk atau Jasa

Sudah menjadi impian semua Pelaku UKM menginginkan produknya banyak peminat dan laris terjual. Untuk bisa mencapai goal tersebut, sepatutnya Anda melakukan promosi produk. 

Cara Mempromosikan Produk atau Jasa

Cara Mempromosikan Produk atau Jasa

Mempromosikan produk atau jasa adalah sebuah kegiatan memasarkan naik berupa barang atau jasa kepada konsumen. Dalam bisnis, meningkatkan penjualan dan pendapatan dengan melakukan promosi menjadi hal yang penting. 

Produk yang pelaku UKM tawarkan dengan promosi produk yang kreatif akan menarik minat konsumen untuk lebih tahu dan mencobanya. Jangan sampai kalah saing dengan cara promosi yang sudah dilakukan oleh kompetitor.

Apa saja sih yang harus Pelaku UKM lakukan dan bagaimana Cara Mempromosikan Produk atau Jasa? Inilah caranya ...

Bagikan sampel gratis

Cara Mempromosikan Produk atau Jasa yang pertama, Pelaku UKM bisa membagikan sampel gratis kepada konsumen. Untuk produk makanan atau minuman supaya konsumen dapat merasakan dan tahu, Anda bisa memberikan sampel atau tester secara gratis.

Di mana Sampel Produk dibagikan?

Setiap Pelaku UKM bisa mulai membagikan sampel gratis di pameran dagang, bazzar dan acara sejenis atau siapkan saja di rumah dan undang calon pelanggan datang ke tempat usaha kita. Dan jangan lupa mengkalkulasi jumlah dari tester atau sampel agar tidak merugi tetapi lebih baik Anda mengalokasikan biaya untuk sampel gratis tersebut. Tidak boleh lupa untuk membubuhkan informasi setidaknya nomor kontak dan logo brand pada produk yang akan dibagikan dengan cuma-cuma tersebut.

Menggelar Giveaway

Cara kedua, Anda bisa mencoba menyelenggarakan program Giveaway karena pelanggan menyukai hadiah yang diberikan dengan cuma-cuma. Cara mempromosikan produk seperti ini, sudah jamak Pelaku UKM lakukan. Sekarang giliran Anda yang mulai mencobanya. Pelanggan pastinya senang dengan pemberian produk dari Pelaku UKM.

Keuntungan dari menggelar giveaway di media sosial, antara lain;
✔ Pelaku UKM mampu meningkatkan jumlah followers,
✔ Membangun engagement di media sosial, dan
✔ Membuat produk atau brand lebih dikenal dengan cepat dan hemat waktu.

Social Media Marketing

Langkah berikutnya, saat kita mencoba Cara Mempromosikan Produk atau Jasa, Pelaku UKM bisa memanfaatkan media sosial; TikTok, Instagram, hingga Facebook untuk mempromosikan produk. Sehingga dengan melakukan social media marketing, produk yang tengah dipromosikan mampu cepat dikenal pelanggan (brand awareness), membangun interaksi dengan pelanggan, menunjukkan citi otentik produk atau jasa, serta bisa menjangkau lebih banyak orang.

Tahukah Anda? We Are Social pernah merilis data tentang jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia pada 2022 sebanyak 191,4 juta. Pelaku UKM tidak boleh menyianyiakan potensi ini saat Mempromosikan Produk atau Jasa.

Untuk itu, Anda supaya segera mencoba mempromosikan produk dengan mengunggah beragam konten yang menarik. Pelaku UKM pun dapat melakukan kegiatan lainnya, semisal; live walaupun sekadar menggelar sesi tanya jawab seputar produk dengan audiens.

Mulailah bekerja sama dengan Influencer

Langkah selanjutnya, seiring dengan usaha Anda yang bertumbuh positif (scale-up), waktunya meningkatkan visibilitas dengan bekerja sama dengan influencer. Bisa kita mulai dengan mencari dari lingkungan terdekat, bisa dari lingkungan keluarga atau tetangga sekitar. Anda bisa mencari influencer, anak muda, perempuan termasuk Ibu Rumah Tangga yang mana anak muda dan perempuan adalah key opinion leader yang efektif.

Ulasan yang baik dan positif dari influencer mampu membantu saat pelaku UKM tengah menjalankan Cara Mempromosikan Produk atau Jasa. Danbekerja sama dengan influencer dapat memperluas audiens usaha yang sedang dijalankan.

Mendata dan mengumpulkan ulasan dari konsumen

Ulasan bisa membantu konsumen guna menggambarkan kualitas atau rasa dari produk yang Anda promosikan. Tidak bisa kita pungkiri, jamak pelanggan menjadikan review guna mempertimbangkan serta meneliti produk sebelum melakukan pembelian. 

Karena itu, perbanyaklah ulasan-ulasan positif yang disertai rating. Ulasan positif dan rating mampu menjadi rujukan bagi pelanggan agar mereka percaya dengan produk atau jasawa yang sedang kita promosikan.

Contoh Rating dan Jumlah Ulasan

Pelaku UKM yang tengah menjalankan Cara Mempromosikan Produk atau Jasa dapat meminta konsumen yang sudah mendapatkan produk atau jasa produk Anda agar memberikan penilaian berupa ulasan dan rating dari pengalamannya tersebut.

Cara yang biasa dilakukan saat mengulas dan menilai dari produk atau jasa Anda di beberapa platform; semisal Google Business Profile, pada produk yang dibeli dimarketplace seperti Tokopedia. Berikan voucher diskon untuk setiap pelanggan yang berkenan mengulas itu jauh lebih menarik.

Promosikan lewat blog

Dari sekian banyak blog yang hadir di dunia maya, sedikitnya ada dua platform blog yang sangat populer, yaitu; Wordpress dan Blogger atau lebih dikenal dengan Blogspot. Lewat blog, Pelaku UKM  bisa melakukan Cara Mempromosikan Produk atau Jasa dengan soft selling (secara halus). Menjadi penulis blog yang baik, Anda harus mengasah kemampuan copywriting (Baca: Pentingnya Copywriting Bagi Pelaku UKM)

Coba Anda menulis di blog mengenai produk (product knowledge) serta semua hal penting yang informatif bagi pembaca. Karena dengan menuangkan 5 W + 1 H terkait produk atau jasa dari yang sedang kita promosikan akan memberikan informasi yang berharga bagi pembaca serta mampu menambah nilai produk atau brand

Konten yang bernas dan lugas serta lengkap tentang produk yang Pelaku UKM tulis di blog bisa menjadi sumber informasi yang valid bagi konsumen atau calon pembeli. Dan jangan lupa juga untuk melengkapi tulisan di dalam sebuah blog dengan foto produk, call to action (CTA) yang dapat diarahkan ke chat messenger bisnis yang digawangi oleh customer service.

Cara Mempromosikan Produk atau Jasa

Demikian artikel 
Cara Mempromosikan Produk atau Jasa, semoga bisa mengilhami dan memperkaya Mindset Anda khususnya tentang Digital Marketing.
SENTRA PRODUK UKM BANDUNG
UKM Bandung menyuguhkan artikel berita dan cerita seputar motivasi, inspirasi, narasi UMKM Indonesia.

Artikel Terkait:

Posting Komentar