Seberapa Penting Pelaku UKM Harus Menggunakan Google Business Profile?

Aktualisasi bisnis di era teknologi digital yang kian pesat saat ini, Pelaku UKM sepatutnya menyadarinya dengan melakukan percepatan. Tujuannya, agar bisnis yang tengah dijalankan bisa segera hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya warganet.

Alat pemasaran go digital yang bisa kita pergunakan untuk mengaktualisasikan bisnis antara lain:
  1. Website
  2. Media Sosial
  3. Chat Messenger
  4. Marketplace
  5. Google Business Profile
Pelaku UKM yang melek teknologi tentu sudah tidak perlu lagi diberikan pengetahuan serta pemahaman tentang lima komponen tersebut di atas. Akan tetapi masih ada dari mereka yang bertanya, "Seberapa Penting Pelaku UKM Harus Menggunakan Google Business Profile?" Untuk menjawab pertanyaan tersebut, uraian berikut akan menjelaskannya.

Powerful

Google Business Profile adalah salah satu tools marketing yang powerful. Kenapa dikatakan demikian, karena alat besutan Google ini meskipun gratis namun memberi alat marketing lain berupa website. Sehingga dengan "bonus" tersebut, kita semakin mudah serta cepat saat mengenalkan brand di internet.

Saat seseorang mencari kebutuhan yang diinginkannya di Pencarian Google maka orang tersebut akan disuguhkan informasi sesuai yang dicarinya. Contoh: Cetak Spanduk di Soreang.

Apabila kita menjalankan bisnis yang sesuai dengan yang dibutuhkan warganet dan kita pun memakai Google Business Profile maka ini sangat potensial bagi Google menyuguhkan informasi kepada netizen yang mencari kebutuhannya tersebut.

Bahkan, website gratis yang diberikan oleh Google Business Profile pun turut diinformasikan kepada orang yang mencari tempat cetak spanduk di Soreang. Perhatikan Infografik berikut ini.
Bukti Google Business Profile Alat yang Powerful

Seberapa Penting Pelaku UKM Harus Menggunakan Google Business Profile?

Dari infografik, Pembaca bisa amati Google menjawab pertanyaan dengan sangat lengkap. Sehingga kesempatan ini jangan sampai Anda (khususnya pelaku UKM) menyia-nyiakannya. 

Mari kita uraikan satu per satu fitur-fitur yang perlu difahami berdasarkan infografik di atas.

[1] SEO Friendly

Google Business Profile (GBP) mengubah mindset, dari anggapan SEO adalah hal yang rumit menjadi sederhana dan mudah. Coba Anda buktikan dengan memasarkan bisnis menggunakan GBP. 

[2] G Map Friendly

Pada dasarnya, tujuan dari Google Business Profile adalah memanfaatkan Google Map (G Map). Karena itu, saat awal pembuatan GBP, pengguna diharuskan melengkapi data alamat yang sesuai, bukan alamat abal-abal atau fake address. 

Sekali saja kita menggunakan GBP maka selanjutnya akan memudahkan bagi orang-orang yang mencari kebutuhannya dan menemukan tempat kita.

[3] Mendominasi Mesin Pencarian

Saat orang mencari sesuatu di pencarian Google, lalu sesuai dengan bisnis yang kita kelola maka orang tersebut akan menemukan tidak saja di Google Business dan Google Map - mereka pun akan menemukan website yang kita pakai.

Dapat disimpulkan, bisnis kita mendominasi mesin pencarian sehingga potensinya semakin besar untuk ditemukan dan dikenal.

Pelaku UKM bisa menggunakan Google Business Profile dengan mudah, seperti; membubuhkan CTA (Call to Action), menulis cerita atau sekadar update foto di website gratis, serta update data yang perlu diperbarui.

Dapat kita tarik kesimpulan, setiap pelaku UKM mempraktekkan digital marketing dengan menggunakan Google Business Profile akan mendapatkan beberapa fitur yang sesuai dengan tujuan awal, yaitu; hendak mengaktualisasikan bisnis baik produk maupun jasa dengan cepat di Pencarian Google.

Demikian sekilas artikel mengenai Seberapa Penting Pelaku UKM Harus Menggunakan Google Business Profile? Semoga menginspirasi dan menambah wawasan digital marketing kita semua!
 

SENTRA PRODUK UKM BANDUNG
UKM Bandung menyuguhkan artikel berita dan cerita seputar motivasi, inspirasi, narasi UMKM Indonesia.
Terbaru Lebih lama

Artikel Terkait:

Posting Komentar